Jangan Ragu untuk Memulai Menulis

Jambi – Tanoto Foundation memfasilitasi guru-guru dan kepala sekolah di Jambi mengikuti pelatihan dan pendampingan menulis praktik baik pendidikan dan kolom PINTAR selama dua hari, pada tanggal 22-23 Februari 2020, di salah satu hotel di Kota Jambi.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 orang peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dosen, jurnalis dan staf Tanoto Foundation yang ada di Provinsi Jambi. Pada hari pertama, diadakan perkenalan peserta dan presentasi tulisan peserta yang dipandu oleh Anwar Holil Communication Manager Tanoto Foundation.

Pada kesempatan tersebut, Anwar Holil mengatakan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada guru dan dosen agar lebih giat lagi menulis praktik baik pendidikan dan kolom PINTAR di Kompas.com.

“Semoga guru-guru senantiasa meningkatkan kompetensinya, terus berkarya, dan menularkan inspirasi praktik baik pendidikan yang sudah mereka terapkan. Termasuk menulis pengalaman praktik baik dan gagasannya di Kolom Program PINTAR Kompas.com yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation,” harapnya.

Narasumber pada pelatihan ini, redaktur kompas.com Hari Laksono Wiwoho dan editor kanal edukasi, Yohanes Enggar Harususilo, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterimakasih kepada para perserta yang hadir dan berharap agar karya tulisan dari para peserta dapat terbit di media massa, agar menjadi inspirasi untuk guru yang lain.

Dalam pelatihan ini, para guru dan dosen akan dibimbing menulis, selain itu juga mereka mendapat materi dan praktik langsung mendokumentasikan praktik baik Program PINTAR, apa dan bagaimana menulis artikel praktik baik dan kolom pendidikan.

Para peserta juga akan langsung praktik menulis artikel praktik baik untuk Media Massa, kemudian mereview artikel praktik baik dan menyusun RTL penulisan artikel praktik baik yang akan didampingin oleh Jurnalis dalam kegiatan tersebut.

“Saya melihat pelatihan menulis ini bukan sekadar mengangkat kemampuan menulis saja. Lebih dari itu, ini menjadi kesempatan berbagi insipirasi dan juga membangun sinergi dengan banyak pihak; media nasional dan daerah, dinas dan pemerintah daerah, dan yang terpenting dengan guru dan dosen penggerak seluruh nusantara,” kata Enggar.

Selain itu Enggar juga mengharapkan peserta jangan ragu memulai menulis, “Jangan jadikan menulis sebagai beban, jangan ragu untuk memulai, tulis apa yang ada, dan menulislah dengan perasaan bahagia,” imbuhnya.

Salah satu peserta, Nasyariah Siregar yang merupakan Dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengungkapkan, pelatihan ini sangat menginspirasi, terutama dalam hal membuat tulisan praktik baik maupun artikel untuk diterbitkan ke media massa.

“Saya sangat senang bisa berpartisipasi dan ikut dalam pelatihan ini, saya mendapatkan banyak ilmu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, karya tulisan peserta yang langsung dan sudah diterbitkan Kompas.com, usai pelatihan tersebut yakni Rudianto, Kepala Sekolah dari SMPN 4 Betara dengan tulisan Belajar Semangat Kolaborasi Pendidikan dari “Tower” Swadaya SMPN 4 Betara Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *