PEMANFAATAN HYPERMEDIA PEMBELAJARAN MELALUI MICROSOFT SWAY

Pengertian Hypermedia PrasojodanRiyanto, (2011 : 189 ) Hypermedia merupakan file data berisi banyak informasi yang dikirimkan melalui internet kekomputer, dan dimunculkan secara grafis dalam carauser friendly. Kustandi( 2011 : 36)

Hypermedia adalah perluasan dari hypertext  yang menggabungkan media lain kedalam teks. Dengan sistem hypermedia pengarang dapat membuat suatu korpus materi yang kait mengkait meliputi teks, grafik, gambar animasi, bunyi, video, musik dan lain-lain. Blanchard dan Rotenberg (dikutipMunir, 2009 : 66).

Hypermedia mengacu pada software komputer yang menggunakan elemen dari teks, grafik, video, dan audio dihubungkan pada suatu jalur dimana pengguna dengan mudah dapat bergerak dengan suatu informasi.Pengguna memilih jalan khusus sesuai dengan gaya belajar dan memproses informasi sendiri. Menurut sifatnya, pengguna menyediakan lingkungan belajar yang interaktif dan eksplorasi. Hypermedia didasarkan pada teorikognitif tentang bagaimana struktur pengetahuan orang dan bagaimana mereka belajar, hal ini dirancang untuk menyerupai cara orang mengatur informasi dengan konsep-konsep dan hubungan mereka. Hubungan ini adalah asosiasi ide-ide dari informasi yang mereka peroleh.Misalkan, ketika kita berpikir tentang sepeda kita akan dihubungkand engan suatu ide tentang transportasi dan rekreasi. (Smaldino, Sharon E. 2008. Instructional Technology and Media for Learning, Columbus: Pearson Merrill Prentice Hall.)

Hypermedia adalah gabungan berbagai media yang diatur oleh hyperteks, hypermedia meliputi berbagai media seperti video/visual, audio/music, teks, animasi, film, grafik, dan gambar.Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hypermedia adalah perpanjangan dari Hypertext dan Multimedia yaitu suatu media di mana informasi itu tidak hanya jenis teks, tetapi juga dari jenis gambar, suara, video, atau multimedia.Sebuah hypermedia dimaksudkan untuk menyajikan informasi yang interaktif yang dapat berhubungan dengan banyak media yang lebih luas.

Gambar 2.Keunggulan Hypermedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *