PEMANFAATAN HYPERMEDIA PEMBELAJARAN MELALUI MICROSOFT SWAY

Tujuan Hypermedia

Memperbolehkan pengguna untuk bergerak dalam serangkaian informasi tanpa perlu melalu istruktur yang ditetapkan.Sistem hypermedia komputer juga dapat digunakan pada tujuan yang berbeda:

  1. Browsing (pengguna browsing, atau navigasi melalui informasi dengan memilih rute yang menarik)
  2. Link (pengguna dapat membuat koneksi atau link mereka sendiri dengan sebuah informasi.)
  3. Authoring (Pengguna dapat menulis, atau membuat, koleksi informasi khusus mereka sendiri, dengan menambahkan atau menghubungkan teks, grafik, dan audio yang mereka inginkan.

Ciri-ciri Hypermedia adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki link (tautan)
  2. Mempunyai efek multimedia. Contoh teks, grafik, animasi, dan suara
  3. Membenarkan informasi dilinkkan dalam media

Pemanfaatan Hypermedia dalam Pendidikan

  1. Sistem Hypermedia digunakan dalam lingkungan pendidikan. Partisipasi aktif mahasiswa atau peranan siswa merupakan salah satu keunggulan utama sistem hypermedia.
  2. Hypermedia memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan pembelajarannya sendiri.
  3. Metode pembelajaran ini meruntuhkan batasan waktu dan tempat, memungkinkan fleksibilitas maksimum bagi pelajar. Siswa diberikan sarana untuk belajar secara individu dan dengan kecepatan mereka sendiri. Siswa dapat mengulangi konsep yang sulit, atau melewati bidang keterampilan yang sudah dikuasai.

Hypermedia merupakan suatu konsep yang bisa dikembangkan dengan berbagai cara, Salah satu bentukdari hypermedia versiklasik adalah World Wide Web (www), dan untuk saat ini dapat diaplikasikan melalui salah satu produk Microsoft 365 yaitu Microsoft Sway.

Microsoft Sway merupakan Aplikasi yang membantu guru atau siswa membuat desain professional dan interaktif.

Manfaat penggunaan Microsoft  Sway

  1. Sway memudahkan Anda menyusun kreasi digital yang dapat dibuat oleh siapa saja seperti newsletter, presentasi, laporan, bulletin, storytelling.
  2. Sway memungkinkan Anda menambahkan foto, video, audio, bagan, tweet, dan lainnya kedalam format dan desain yang lebih menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *