Model Pembelajaran ADDIE

Bagi seorang JF PTP ketika mengembangkan sebuah model atau media pembelajaran, maka harus memahami terlebih dahulu kaidah development research atau model pengembangan sebagai landasannya.Salah satunya adalah ADDIE.Apa saja dan bagaimana tahapan ADDIE dalam JF PTP tersebut?Salah satu model desain pembelajaran yang bersifat generik adalah model ADDIE (AnalysisDesignDevelopImplementEvaluate). Model ADDIE muncul pada tahun 1990-an yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda (Gagne, 2005).

Salah satu fungsi model ADDIE yaitu menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pembelajaran yang efektif, dinamis, dan mendukung kinerja pembelajaran itu sendiri. Model ADDIE terdiri dari 5 (lima) tahapan, yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi, yang merepresentasikan pedoman yang dinamis dan fleksibel untuk membangun system pembelajaran yang efektif dan performasi alat pendukung. Ide dari model ADDIE adalah menerima balikan secara terus menerus dan berkelanjutan selama pengembangan materi pembelajaran. Siklus Model ADDIE sebagaimana

Gambar 2.Tahapan ADDIE (sumber: pusdatin.kemdikbud.go.id)

Berikut tahapan-tahapan dalam model ADDIE.

Gambar 3.Analisis model ADDIE (sumber: pusdatin.kemdikbud.go.id)

  • Analysis (analisis), yaitu melakukan needs assessment (penilaian kebutuhan), mengidentifkasi masalah (kebutuhan), dan melakukan analisis tugas (task analysis). Tahapan alisis merupakan suatu proses mendefenisikan suatu proses mendefenisikan apa yang akan dipelajari oleh siswa. Maka untuk mengetahui atau menetukan apa yang harus dipelajari, harus dilakukan beberapa kegiatan, di antaranya adalah melakukan analisis kebutuhan, mengidentifikasi masalah (kebutuhan), dan melakukan analysis tugas. Oleh karena itu, keluaran yang akan dihasilkan adalah berupa karakteristik atau profil siswa, identifikasi kesenjangan, identifikasi kebutuhan dan analisis tugas yang rinci di dasarkan atas kebutuhan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang ditujukan dalam fase analisis: Siapa yang menjadi siswa dan bagaimana karakteristiknya? Identifikasi perilaku keluaran dari siswa? Batasan-batasan apa yang berlaku dalam pembelajaran? Bagaimana cara penyampaian materi yang ada? Alat bantu seperti apakah yang dipertimbangkan dalam pembelajaran? Kapan batas waktu perancangan pembelajaran harus selesai?

Gambar 4. Desain dan Perancangan model ADDIE (sumber: pusdatin.kemdikbud.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *