- Evaluation(evaluasi/umpan balik), yaitu proses untuk melihat apakah system pembelajaran yang sedang dibangun berhasil, sesuai dengan harapan awal atau tidak. Sebenarnya tahap evaluasi bisa terjadi pada setiap empat tahap di atas itu dinamakan evaluasi formatif. Karena tujuannya untuk kebutuhan revisi atau perbaikan. Rangkaian langkah-langkah pengembangan model ADDIE pada akhirnya direview berdasarkan hasil evaluasi formatif yang bertujuan melakukan perbaikan atas kekurangan yang ditemukan. Kelebihan dari model ADDIE, antara lain:
- Uraiannya tampak lebih lengkap dan sistematis; dan
- Dalam pengembangannya melibatkan penilaian ahli, sehingga sebelum dilakukan uji coba desain pembelajaran telah dilakukan revisi berdasarkan penilaian, saran dan masukan para ahli. Oleh karena itu, output yang akan dihasilkan adalah berupa karakteristik atau profil siswa, identifikasi kesenjangan, identifkasi kebutuhan dan analisis tugas yang rinci didasarkan atas kebutuhan.
Keterbatasan model ini jika digunakan untuk mendesain sistem pembelajaran yang lebih luas dan menghendaki eksploratif dari siswa kurang tepat.Model ini hanya dapat digunakan untuk rancangan pembelajaran dengan tujuan tertentu saja.Sesungguhnya belajar itu tidak linear, oleh karena itu model ini tidak dirancang untuk melengkapi pembelajaran yang mendalam.Model ini juga tidak memungkinkan untuk fleksibilitas dalam unit pelajaran, tidak ada nilai berkelanjutan.Penilaian hanya dilakukan pada akhir pembelajaran.Hal ini tidak memungkinkan bagi guru untuk merefleksikan keterampilan yang perlu diajarkan, yang telah diajarkan, dan kemungkinan perlu untuk kembali mengajar.Model ini juga tidak memungkinkan untuk mengeksplorasi lebih banyak kemampuan dari siswa.Akibatnya, siswa tidak dapat menemukan ide/konsep sendiri (Culatta, 2020).Dengan demikian model ini tidak relevan jika harus digunakan untuk pembelajaran dalam skala besar yang membutuhkan eksplorasi yang lebih luas dari potensi siswa.
Referensi
Dick, W., at.al. (2015). The Systematic Design of Intruction, Eight Edition. Florida State University: Pearson.
Gagne, R.M.,et al., (2005). Principles of Instuructional Design Fifth Edition. New Jersey, USA: Thomson Wadsworth, h.3, h.11, hh.21-35.
https://www.instagram.com/p/CPQVu1FDtCh/?utm_medium=share_sheet
https://www.instagram.com/p/CNsDbRwDWkU/?utm_medium=share_sheet
Pusdatin.kemdikbud.go.id
Sofyan (2020). Model-Model Desain Pembelajaran