Minecraft Education Edition: Keseruan Bermain Sambil Belajar

Untuk para pendidik yang baru saja mulai dan ingin mengaplikasikan permainan ini di kelas, Minecraft: Education Edition memiliki fitur classroom mode atau mode kelas. Ini merupakan panel kontrol guru terhadap siswa di saat pembelajaran berlangsung. Fitur ini memudahkan guru untuk memantau aktivitas siswa, termasuk memberikan instruksi di saat yang bersamaan. Fitur ini hanya bisadi akses oleh guru selaku host dari dunia di mana pembelajaran dilangsungkan. Di antara keunggulan fitur ini seperti dikutip dari micresearch.net adalah:

  1. Game Mode dan Indicator Day, berada di bagian paling atas yang berfungsi untuk mengatur mode permainan seperti apakah pemain bisa terbang, tenggelam, terbakar, bertarung atau tidak, mengubah waktu, dan koordinat lokasi admin berada di dalam map.
  2. World Map, berada di kiri dengan tampilan peta yang memungkinkan guru memantau lokasi para siswa berada dan dapat melakukan teleport  jika ada siswa yang pergi terlalu jauh.
  3. Player Roster, berada di kanan atas yang menampilkan daftar siswa yang ikut bermain.
  4. Chat, berada di bagian kanan bawah yang menampilkan interaksi chat antar pemain.
  5. Message, berada di bagian paling bawah yang memungkinkan guru mengetikkan instruksi perintah yang harus dilakukan saat bermain.

                Bukan hanya itu, dukungan untuk para pendidikan juga bisa diakses di education.minecraft.net. Website ini selain menyediakan forum khusus bagi para pendidik di seluruh dunia yang mengaplikasikan game ini, juga memuat lebih dari 500 rancangan pembelajaran untuk berbagai mata pelajaran dan berbagai kebutuhan. Tidak hanya itu, pendidik juga bebas mengunduh template dunia yang tersedia gratis untuk dieksplor dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dan untuk pendidik yang baru mulai berkenalan dengan Minecraft, disediakan pelatihan gratis sebelum dapat benar-benar mengaplikasikannya di kelas bersama para siswa.

Sumber gambar: https://education.minecraft.net

                Sayangnya untuk dapat menggunakan Minecraft: Education Edition secara gratis, pengguna harus memiliki lisensi akun office 365. Jika tidak maka pengguna wajib membayar sebesar US$ 5 per pengguna per tahun. Sedangkan untuk sekolah-sekolah yang sudah men-deployakun 365 untuk institusinya memiliki masa trial login sebanyak 25 kali untuk guru dan 10 kali untuk siswa. Hal ini tentu menjadi suatu keterbatasan terutama bagi mereka yang belum memiliki lisensiakun 365 ataupun tidak men-deploy akun 365 untuk sekolahnya sehingga hanya guru yang bisa memanfaatkannya, sedangkan siswa tidak bisa.Namun, kabar baiknya Microsoft masih memberikan masa uji coba tanpa batas login hingga September 2021 bagi akun pendidik yang memiliki lisensi Microsoft 365. Bagaimanapun itu, dukungan Microsoft dalam memberikan akun-akun gratis melalui pelatihan Microsoft Office 365 pantas mendapatkan apresiasi. Pelatihan untuk ribuan guru di Indonesia tersebut menyertakan materi gamifikasi pembelajaran dengan Minecraft yang telah membuka wawasan dan peluang untuk harapan pemanfaatan Minecraft: Education Edition dengan cakupan lebih luas di Indonesia kedepannya.

            Untuk tutorial dasar dalambermain Minecraft: Education Edition dapat disimak pada https://www.youtube.com/watch?v=m7hnk1QvvLM&t=4s

Rujukan:

Smaldino, S. E., J. D. Russell, R. Heinich, and M. Molenda. 2005. Instructional Technology and Media for Learning, 8th-ed. New Jersey: Pearson Education.

https://education.minecraft.net/

https://maribelajar.org/webinar/membangun-pembelajaran-interaktif-bagi-siswa-sekolah-dasar-dengan-minecraft-education-edition/

http://micresearch.net/blogs/2017/4/22/classroom-mode-fitur-control-panel-bagi-guru-di-minecraft-education-edition.aspx#.YLJBSPkzbDc

https://techno.okezone.com/read/2018/08/23/326/1940386/september-game-minecraft-education-edition-diluncurkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *